Library Sampoerna University

Memilih Universitas Terbaik di Tengah Pandemi Global

Di saat pandemi global wabah Covid-19 atau dikenal dengan virus corona, perhatian kita banyak tersita untuk menghadapinya. Dari mulai belajar, beraktivitas hingga bekerja, sebagian besar dilakukan di rumah. Rutinitas dan pola hidup baru memerlukan beberapa penyesuaian. Tanpa kita sadari waktu pun berjalan, sementara banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan. Salah satunya persiapan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi, seperti yang saya alami sekarang. Memiliki anak kelas 11 SMA artinya sebentar lagi dia harus melanjutkan ke perguruan tinggi. Bukan hanya memilih universitas terbaik yang sesuai dengan cita-cita anak, tetapi juga perlu mempersiapkan biayanya.

Kenapa sekolah ke perguruan tinggi harus dipikirkan baik-baik? Pertama ini tahap di mana kemandirian anak dalam belajar sangat dibutuhkan. Kedua, perguruan tinggi merupakan jenjang terakhir pendidikan secara umum sebelum anak dilepas   secara mandiri untuk bersaing di dunia kerja. Dan yang terakhir adalah soal biaya yang tidak murah. Supaya bisa mendapatkan pendidikan yang sesuai, baik secara kemampuan, minat bakat, cita-cita serta biaya, perlu persiapan yang matang dan tidak terburu-buru. Untuk itu, bagi orangtua yang anaknya sudah SMA inilah saat yang tepat untuk mempersiapkannya.

Jangan sampai saat waktunya tiba, kita belum memiliki persiapan apa-apa. Kita perlu mencari banyak informasi tentang pendidikan baik dalam segi jurusan, kurikulum maupun fasilitas yang ada. Mengajak serta sang anak untuk berdiskusi dan melihat berbagai pilihan yang ada. Di tengah pandemi ini, perlu juga mempertimbangan lokasi sekolah. Belajar ke luar negeri mungkin tidak jadi pilihan yang tepat saat ini, tetapi kita ingin anak mendapatkan pendidikan terbaik dan diakui secara global. Bagaimana caranya?

Di era semua serba digital, dunia menjadi tidak ada batasnya. Begitu pun persaingan di dunia kerja. Anak-anak perlu dipersiapkan sehingga kelak bisa menjadi pribadi yang mandiri dan mampu menjawab tantangan global dengan karyanya. Untuk itu diperlukan bekal ilmu, pengetahuan serta pengalaman yang memadai agar anak bisa meraih cita-cita serta mimpinya.

Library Sampoerna University

Aktivitas mahasiswa di perpustakaan Sampoerna University

Program Two-Degree Sampoerna University

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan diskusi dengan beberapa teman dan mendapatkan informasi tentang Sampoerna University. Sebenarnya saya sudah cukup lama dengar dan pernah datang ke sekolah Sampoerna Academy yang masih bernaung dalam satu lembaga. Jadi Sampoerna University ini universitas internasional yang berlokasi di Jakarta dan menawarkan Program Two-Degree yang memungkinkan para lulusannya untuk mendapatkan 2 gelar sekaligus: satu gelar Sarjana (Strata 1) dari Sampoerna University dan U.S. bachelor’s degree yang terakreditasi oleh University of Arizona.

.University of Arizona, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Amerika, yang masuk dalam rangking 69 universitas terbaik dunia versi Center for World University Rankings in 2019/2020.

Menariknya program Two-Degree Sampoerna University ini memungkinkan anak-anak kita bisa mengantongi U.S. bachelor’s degree (gelar sarjana dari universitas AS) tanpa harus kuliah dan tinggal di luar negeri (AS). Pendidikan selama 4 tahun bisa ditempuh sepenuhnya di Jakarta. Tentu saja secara kualitas tetap mengikuti standar internasional atau US Curriculum. Jadi orangtua tidak perlu was-was melepas anaknya belajar ke luar negeri di tengah wabah virus corona yang menyerang hampir di semua negara di dunia.

Kemudahan transfer nilai

Bagi anak-anak yang ingin tetap bisa kuliah di universitas AS dan  nantinya ingin lulus  di sana tepat waktu, Sampoerna University juga menawarkan kemudahan dalam melakukan transfer kredit/ SKS. Fasilitas yang disebut sebagai “seamless transfer” ini dimungkinkan karena Sampoerna University menerapkan US Curriculum dan tenaga pengajarnya (dosen) terakreditasi, setara dengan kualitas pengajar di AS sehingga kredit/ SKS yang diperoleh saat kuliah di Jakarta kemungkinan besar dapat diakui dan ditransfer ke universitas-universitas manapun di seluruh dunia yang mengakui dan menerapkan US Curriculum.

Untuk bisa melakukan “seamless transfer”, anak-anak cukup mengikuti kuliah “General Education Core Courses” selama setahun atau dua tahun pertama di Sampoerna University dan baru kemudian dapat melakukan transfer ke universitas pilihannya di AS begitu pandemi teratasi dengan syarat nilainya memenuhi standar universitas yang bersangkutan. Opsi ini menjadi solusi bagi yang tetap ingin mulai kuliah tahun ini dan tidak mau membuang waktunya di Jakarta tetapi terkendala oleh pandemi yang terjadi saat ini.

Kita belum tahu wabah pandemik ini kapan berakhir.  Padahal kita tahu bahwa pendidikan anak tetap harus diutamakan dan tidak bisa ditunda. Dengan adanya kebijakan lockdown di beberapa negara, memilih universitas terbaik di Jakarta dengan kurikulum internasional menjadi solusi yang patut dipertimbangkan. Kita tidak perlu menunda mencari sekolah, karena bisa dilakukan dari sekarang.

Biaya Pendidikan bisa hemat 75 persen

Keuntungannya lainnya adalah biaya pendidikan lebih murah sekitar 75% jika dibanding biaya total yang dihabiskan untuk mengambil pendidikan di luar negeri. Selain biaya hidup yang berbeda, tentu ada biaya lain-lain juga seperti biaya transportasi. Di saat nilai tukar dollar yang sangat fluktuatif seperti sekarang, memilih Pendidikan di Sampoerna University menjadi pilihan yang menarik.  Setidaknya biaya lebih jelas perhitungannya karena dalam mata uang Rupiah sehingga persiapan yang dilakukan pun bisa lebih matang.

Kejadian virus corona yang melanda seluruh negara ini telah mengubah banyak hal. Memilih sekolah perlu mempertimbangkan lokasi, apalagi dengan adanya nilai tukar dollar yang sangat fluktuatif. Dari berbagai pilihan yang ada, program Two-Degree dari Sampoerna University bisa menjadi solusi terbaik saat ini. Kita bisa ajak anak untuk melihat lebih dalam berbagai jurusan serta fasilitas yang ada. Karena masih jaga jarak (physical distancing), cukup dengan browsing ke  website Sampoerna University  atau kontak langsung ke kampus.

Dengan persiapan yang matang, anak bisa mendapatkan universitas terbaik dan biaya yang sudah bisa diperhitungkan dari sekarang. Salah satu kunci sukses masa depan anak adalah, memilih sekolah dengan tepat.

36

No Responses

Tinggalkan Balasan