Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

Anak yatim adalah makhluk istimewa dalam Islam. Saking istimewanya, Islam mengajarkan untuk menyayangi mereka dan  melarang melakukan tindakan-tindakan yang dapat menyinggung perasaannya. Banyak sekali ayat-ayat Al-qur’an dan hadits-hadits Nabi saw yang menerangkan tentang hal ini. Dalam surat Al-Ma’un misalnya, Allah SWT berfirman:

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama, itulah orang yang menghardik anak  yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin.”

{QS. Al-ma’un : 1-3}

 

Berkah untuk Anak Yatim, Berkah bagi Kita

 

Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

Saking istimewanya mereka, kita bisa mendapatkan berkah dengan menyantuninya. Di bulan Ramadan yang merupakan bulan istimewa ini, umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan berkah, salah satunya dengan menyantuni anak yatim.

Adaro Energy pun tidak ketinggalan dalam memanfaatkan momen Ramadan sebagai sarana untuk berbagi kepada sesama termasuk anak-anak yang kurang beruntung ini.

 

Boy Thohir, CEO Adaro Energy

Ini bukan kali pertama, tetapi sudah 8 tahun berturut-turut mereka menyelenggarakan acara santunan kepada 1.000 (seribu) anak yatim. Komitmen ini ditunjukkan bukan hanya ketika kondisi perusahaan bagus, tetapi juga ketika posisi perusahaan mengalami penurunan, jumlah anak yatim yang disantuni tidak dikurangi, tetap 1.000 anak. Saya pernah menuliskan acara santunan tahun lalu di sini.

 

Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

 

Adalah Garibaldi Thohir atau biasa disapa Boy Thohir, CEO Adaro Energy yang menginisiasi kegiatan tersebut. Beliau turun tangan langsung menyiapkan dengan sepenuh hati. Dari makanan yang akan dibagikan, tempat acara, ustad yang mengisi tausiyah hingga artis yang menghibur. Semua disesuaikan dengan kesukaan anak-anak zaman now.

Mereka adalah tamu istimewa yang harus diperlakukan dengan baik, begitulah prinsip Pak Boy.

 

Meriahnya Acara Berbuka Adaro Energy

Rizky Febian

Jika tahun-tahun sebelumnya artis yang dihadirkan adalah JKT 48, Coboy Junior, dan yang lainnya, maka tahun ini mengundang Rizky Febian. Di kalangan ABG, Rizky Febian, putra dari komedian Sule, ini sangat digemari. Lagunya kebanyakan tentang cinta mewakili banyak kegalauan remaja. Bisa bertemu idolanya sambil nyanyi galau berjamaah sungguhlah suatu impian.

 

Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

Begitu Rizky Febian naik panggung, anak-anak pun histeris lari menyerbu ke depan panggung. Pak Boy Thohir beserta tamu undangan dengan ikhlas menyingkir dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bersenang-senang.

 

Boy Thohir, CEO Adaro Energy

Dalam suatu kesempatan berdiskusi dan ngobrol langsung, Pak Boy mengungkapkan alasannya menyelenggarakan acara santunan 1.000 anak yatim.

Tidak ada maksud untuk riya (menyombongkan diri), tetapi justru berharap bisa mengajak semua pihak agar punya kepedulian sungguh-sungguh pada anak yatim dan orang yang kurang mampu. Karena di dalam rizki kita, ada hak mereka.

Santunan 1.000 anak yatim adalah sebagian dari tanggung jawab sosial Adaro kepada masyarakat. Selain itu, masih ada kegiatan lain, yaitu PASS–Program Adaro Santri Sejahtera–yang berfokus di wilayah Kalimantan. PASS ini adalah program vokasi untuk santri yang sudah berjalan selama 3 tahun. Adapun pesantren yang ikut di antaranya adalah Ar Raudhah Tabalong, Nurul Muhibbin Mampari Balanga, Miftahul Ulum Bangkiling, Al Islam Kambitin di Tabalong.

 

Buka bersama Adaro Energy

Bertemu dengan anak-anak selalu memberikan kesan tersendiri. Wajah-wajah ceria anak yatim di acara tersebut menjadi kegembiraan bagi saya dan teman-teman yang ikut hadir. Tidak ada guratan kesedihan, padahal dalam kehidupan sehari-hari mereka bukan makhluk yang beruntung.

 

Seribu Anak Yatim, Sejuta Berkah Adaro

 

Buka bersama Adaro Energy

Banyak beban yang harus dipikul sebagai anak-anak yang kurang beruntung ini. Mereka bebas lepas menikmati kegembiraan yang dihadirkan oleh Adaro Energy. Akhirnya, bukan kami yang menggembirakan anak yatim, tetapi merekalah pembawa kegembiraan dan mengajarkan bagaimana menghadapi badai kehidupan dengan tetap ceria tanpa beban.

25

No Responses

Tinggalkan Balasan