Hidup Sehat dengan Buah-Buahan Berkualitas

Hidup Sehat dengan Buah-Buahan Berkualitas

Senang pada akhirnya orang-orang kekinian pada mulai melek untuk hidup sehat. Terbukti makin dikenalnya berbagai program diet sehat yang akhirnya tak sekadar hanya diet saja, tapi berubah menjadi gaya hidup sehari-hari.

Kesadaran untuk makan buah dan sayur yang meningkat merupakan salah satu dampaknya. Bahkan tak hanya berhenti pada makan buahnya saja, tapi mereka juga berusaha memilih buah-buahan serta sayur yang berkualitas, paling tidak menurut kriteria masing-masing. Misalnya saja, memilih buah yang bebas pestisida, atau lebih suka membeli buah-buahan yang dihasilkan oleh petani lokal. Atau juga lebih suka mengonsumsi buah-buahan yang mempunyai sertifikat Global GAP.

 

Apa Itu Sertifikat Global GAP?

 

Hidup Sehat - Buah Bersertifikat Global GAP

Ya, kalau buah organik atau mungkin sayur hasil hidroponik pasti sudah familier, tapi belum banyak yang tahu soal sertifikat Global GAP ini.

Global GAP—Global Good Agricultural Practice—adalah sistem sertifikasi produk yang menjamin keamanan produksi, terutama buah-buahan, untuk kita konsumsi sehari-hari.

Nggak mudah lo, mendapatkan sertifikasi Global GAP ini, karena perkebunan harus bisa memenuhi syarat-syarat yang cukup banyak. Antara lain:

1. Terjamin aman

Produk perkebunan yang mendapatkan sertifikat Global GAP ini harus benar-benar bisa menjamin keamanan proses produksi perkebunannya, mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan, hingga pasca panen.

Kebayang kan, kalau proses produksi buah-buahan di perkebunan besar ini begitu panjang? Kalau sampai lalai, wah, bisa berbahaya karena kan hasil produknya yang berupa buah ini akan masuk ke tubuh kita?

2. Bukan hasil rekayasa genetik

Atau istilahnya, bebas GMO—Genetik Modified Organism, yang bisa menghasilkan buah, sayur atau produk lain yang bebas cacat. Memang ini biasa terjadi akhir-akhir ini. Namanya juga zaman teknologi tinggi kan?

Tapi dengan sertifikat ini, dijamin produk buah bukanlah hasil rekayasa genetika.

3. Dapat ditelusuri

Dengan sertifikat Global GAP, buah-buah yang kita konsumsi itu jadi lebih mudah ditelusuri, dari perkebunan yang mana, bagian kebun sebelah mana, dipetik dan dikemas kapan. Jadi, kalau ada masalah, bisa dilihat salahnya di mana dengan cepat.

4. Terjamin juga tenaga kerjanya

Tak hanya menjamin produk yang berkualitas dan pasti sehat, sertifikat Global GAP ini juga menjamin bahwa pihak perkebunan memperhatikan kesejahteraan tenaga kerja mereka. Seperti, apakah kesehatan mereka terjamin, tidak mengeksploitasi pekerja di bawah umur, pembayaran upah terjamin lancar, dan seterusnya.

5. Bertanggung jawab

Sebuah industri akan dikatakan sehat ketika ia bisa dipertanggungjawabkan secara lingkungan dan sosial. Betul kan? Sertifikat Global GAP juga menjamin akan hal ini.

Perkebunan yang mendapatkan sertifikat ini bisa dijamin bahwa mereka mengolah hasil produksinya secara bertanggung jawab terhadap alam secara keseluruhan, dan juga terhadap lingkungan sekitarnya. Misalnya, kontrol ketat terhadap proses produksi hingga tak mengganggu habitat makhluk hidup lain, dan juga memberdayakan masyarakat lokal di sekitar perkebunan.

6. Berkualitas terjamin

Ini sudah pasti. Ada banyak syarat kualitas yang harus dipenuhi oleh perkebunan buah agar bisa menghasilkan buah-buahan yang layak dikonsumsi, dan tentu saja, yang membuat kita sehat, ya kan?

 

Jadi, Buah Produksi Mana yang Mendapatkan Sertifikat Global GAP Ini?

Hidup sehat makan pisang sunpride

 

 

Adalah Perkebunan Sunpride—yang memproduksi pisang Cavendish, Nanas Honi, dan Guava Crystal alias Jambu Kristal—yang menjadi satu-satunya perkebunan yang mendapatkan sertifikat Global GAP ini.

Makanya, enggak heran kan, kalau kita jalan-jalan ke supermarket lalu lihat pisang, nanas, dan jambu keluaran Sunpride selalu buahnya itu mulus, nggak ada cela, sangat flawless seperti muka artis Korea. Bukan, itu bukan rekayasa genetik lo, seperti yang disangka orang selama ini. Tetapi hal itu merupakan komitmen Perkebunan Sunpride untuk menghasilkan produk-produk berkualitas bersertifikat internasional, untuk mendukung gaya hidup sehat kita sekarang ini.

 

Sunpride Juga Ingin Remaja untuk Ikut Hidup Sehat

Hidup sehat di SMA Labschool Kebayoran

Tak hanya bertanggung jawab pada alam dan lingkungan sekitar, terbukti juga kok Perkebunan Sunpride peduli pada kesehatan kita semua, termasuk kesehatan para remaja yang sedang mengalami pertumbuhan.

Salah satu bentuk kepedulian mereka yang konkret adalah ikut serta dalam program Healthy Day 2019, yang merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh POMG SMA Labschool Kebayoran Jakarta beberapa hari yang lalu.

 

POMG SMA Labschool Kebayoran

Dalam acara tersebut, demi lebih memperkenalkan gaya hidup sehat, orang tua dan guru diajak melakukan berbagai kegiatan menyehatkan. Supaya apa? Ya, agar tak hanya sehat secara fisik, tubuh yang sehat itu kan juga bikin kita jadi sehat secara psikis. Seperti kata pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, kan? Dengan sehat jasmani rohani, orang tua dan guru bisa mendidik anak dengan lebih baik lagi sehingga menghasilkan generasi yang berkualitas.

Tak ketinggalan, pisang Cavendish Sunpride juga ikut hadir di acara sebagai asupan yang menyegarkan. Habis gerak, lalu makan pisang Cavendish Sunpride. Kurang sehat bagaimana lagi? Tinggal kita lanjutkan saja setiap hari.

Yuk, hidup sehat mulai sekarang!

12

No Responses

Tinggalkan Balasan