Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

Sebagai orang tua, saya meyakini bahwa pendidikan akan berhasil jika sekolah dan orangtua bisa bersinergi dengan baik dan saling mendukung satu sama lain. Urusan sekolah bukan semata-mata tanggung jawab kepala sekolah, guru dan staf, tetapi juga para orangtua dan keluarga. Makanya saya merasa beruntung anak bersekolah di SMA Labschool Kebayoran yang memilik sistem pendidikan yang bagus serta organisasi POMG  yang aktif dan kuat.

 

POMG sebagai Pendukung Kegiatan Sekolah

POMG, Persatuan Orangtua Murid dan Guru, adalah bagian penting dari sekolah. Di SMA Labschool, POMG mempunyai peran yang signifikan dalam mensukseskan program pendidikan. Saya pun tergabung menjadi anggota POMG sebagai bagian dari tanggung jawab orangtua dalam upaya mensukseskan pendidikan anak. Tahun ini saya kebagian di divisi sarana pra sarana atau biasa disebut SAPRA.

Salah satu tugasnya adalah menyediakan kebutuhan untuk kegiatan sekolah baik akademis maupun non-akademis. SMA LAbschool Kebayoran terkenal dengan sekolah yang memiliki aktivitas non akademis sangat banyak. Pentas seni pun sudah cukup terkenal dan menjadi pensi sekolah terbesar di Jakarta.

Dalam kegiatan akademis, jika memerlukan bantuan dari POMG, kami tidak segan untuk turun tangan. Tentu saja ada batasan kerja POMG, di mana kami tidak mencampuri urusan akademi, kurikulum dan program yang menjadi kewenangan sekolah. Fungsi POMG dalam hal ini menjadi mitra pendukung untuk memperlancar kegiatan.

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

 

Pisang Sunpride Ikut Berpartisipasi di Kegiatan Sekolah

Sebagai contoh minggu lalu kelas XII menyelenggarakan ujian praktik olahraga. Agar anak-anak bisa mengerjakan dengan baik, fisik tetap terjaga maka SAPRA bertugas menyediakan makanan serta minuman. Maka dipilihlah buah pisang Sunpride.

Kenapa pilih pisang? Selain praktis dan bergizi, beginilah manfaat dari buah pisang.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa pisang dapat menjadi bahan utama minuman olahraga dalam menggantikan elektrolit yang hilang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan pisang 15 menit selama olahraga sama efektifnya dengan minum minuman olahraga. Hal ini karena pisang mengandung vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Sumber : hellosehat.com

Jumlah pisang yang kami butuhkan sangat banyak, 300 buah. Beli di mana sih kalau banyak gitu?

Untunglah pihak PT Sewu Segar Nusantara perusahaan yang memproduksi pisang Sunpride ini sangat membantu menyediakan 300 pisang demi memenuhi kebutuhan gizi anak.

Pagi-pagi ibu-ibu SAPRA sudah di lapangan untuk menyiapkan segala sesuatu termasuk membagikan 300 pisang bagi siswa maupun guru yang sedang melaksanakan ujian praktik olahraga.

 

Pisang, Jambu Kristal, dan Nanas Honi Menjadi Produk Unggulan

Sebenarnya pisang Sunpride bukan satu-satunya, buah jambu kristal dan nanas honi juga menjadi produk unggulan PT Sewu Segar Nusantara.

Selain pisang, nanas honi  menjadi buiah kesukaanku. Selain segar juga manis. Pasokannya pun selalu ada di berbagai supermarket sehingga mudah dicari. Mereka sangat serius bagaimana mengelola perkebunan yang sangat besar sehingga bisa memproduksi banyak buah lokal unggulan, bukan hanya untuk kebutuhan di dalam negeri tetapi juga ekspor.

 

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

 

Dulu saya pikir pisang Sunpride dan nanas Honi ini buah impor. Karena buahnya enak, display-nya dijaga dengan baik dan selalu ada tanpa mengenal musim. Biasanya negara tetangga yang bisa melakukan itu. Ternyata ini hasil bumi negeri kita sendiri yang dikelola secara profesional sehingga kualitas serta kuantitasnya tidak kalah dengan buah impor.

 

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

 

Hari itu ujian praktik olahraga berjalan lancar. Anak-anak semua bisa melalui dengan baik dan stamina tetap terjaga. Buah pisang Sunpride yang tersedia di pinggir lapangan serta ibu-ibu POMG yang cekatan menyediakan kebutuhan anak-anak dan para guru.

Sinergi antara sekolah dan orangtua terbukti memperlancar semua kegiatan sekolah. Bukan hanya dalam kegiatan ujian praktik ini. Dalam banyak kegiatan, POMG selalu sigap membantu sekolah. Jika program yang dibutuhkan tidak ada dalam kurikulum sekolah, POMG akan membantu menyelenggarakan.

Karena zaman sekarang, anak-anak tidak cukup mendapatkan pendidikan akademis tetapi juga berbagai program baik untuk mengasah soft skill, maupun ketrampilan lainnya yang mendukung masa depan.

 

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

Kunci Sukses POMG SMA Labschool Kebayoran

 

POMG secara aktif berdiskusi dengan pihak sekolah bagaimana mewujudkan sebuah pendidikan yang menyeluruh bagi anak-anak. Karena tidak semua hal sekolah bisa sediakan. Sinergi seperti ini sudah berjalan bertahun-tahun, dan menjadi rujukan POMG sekolah lain di Jakarta dan sekitarnya.

Kesuksesan pendidikan anak bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah tetapi juga para orangtua. Untuk itu POMG memiliki peran signifikan, bukan sebagai “pengawas” tetapi sebagai mitra kerja.

Bagaimana dengan sekolah anak kalian? Apakah POMG nya aktif dan mempunyai peran signifikan? Mari belajar dari POMG SMA Labschool Kebayoran.

45

No Responses

Tinggalkan Balasan