Karya
Posted By ainun

Nebeng Keren Bernama Grabhitch


Beberapa hari ini lalu lalang soal GrabHitch di timeline. Ini apaan sih? Apa bedanya dengan transportasi online lainnya? Penasaran, baca-baca beberapa postingan di blog Simbok Venus  dan Pashatama. Ternyata GrabHitch itu nebeng. Iya nebeng.

Jadi inget sebuah kegiatan di sekolah anakku. Murid-murid yang punya lokasi rumah berdekatan diberi tanda warna yang sama di baju seragamnya sehingga mereka bisa berangkat dan pulang bareng. Sebelumnya satu anak dijemput satu mobil. Dengan program ini, yang satu arah bisa berangkat barengan sehingga mengurangi jumlah kendaraan masuk dan keluar sekolah. Judulnya saling nebeng. Selain mengurangi kemacetan saat antar dan jemput sekolah, anakku seneng banget karena dapat teman baru yang kemudian jadi BFF (best friend forever). Serunya lagi, selalu ada cerita baru setiap pulang sekolah.

Begitu juga GrabHitch, konsep yang mirip dengan sekolah anakku. Kita bisa mencari tumpangan searah yang bisa jadi kenalan baru bahkan bisa jadi teman ngobrol atau bisnis mungkin, Siapa tahu.  Jadi kita bisa pesan pengendara yang satu arah perjalanan, tapi gak lebih dari 10 km. Masukan rute perjalananmu, dan aplikasi GrabHitch akan mempertemukan dengan teman yang memiliki rute yang sama.

Ohya kita bisa juga memilih teman seperjalanan, lelaki atau perempuan supaya nyaman. GrabHitch ini bukan driver seperti biasanya, tetapi para pekerja atau mahasiswa. Banyak kemungkinan bisa terjadi. Selain menambah banyak teman, kalau beruntung, mungkin bisa berjodoh. Jadi para jomblo pun bisa mencoba kesempatan ini. Gimana? Menarik kan?

Buat yang pengin tahu dan pengin nyoba, silakan download aplikasinya, dan mulai memesan GrabHitch. Enaknya bahkan bisa pesen H-7 sampai 30 menit sebelum, supaya bisa mengurangi kemungkinan gak datang tebengan di jam-jam sibuk.

Hidup di Jakarta perlu kreatif untuk bertahan. GrabHitch salah satu “jalan keluar” kreatif. Mempertemukan orang-orang yang satu tujuan. Kalau biasanya kita sibuk dengan urusan masing-masing, saatnya kita bertemu orang baru, ngobrol, dan bertukar cerita. Menyenangkan.

Tentu saja GrabHitch juga salah satu solusi mengurai macetnya Jakarta, dan bisa mengurangi jumlah kendaraan yang berarti mengurangi polusi. Sudah saatnya warga Jakarta berusaha untuk menjadikan kotanya kembali menjadi kota manusiawi. Kalau bukan kita, siapa lagi.


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments

Tinggalkan Balasan