Karya
Posted By ainun

Bisnis bukan Sekadar Mencari Untung


Boy Thohir

Boy Thohir. Nama yang akhir-akhir ini sering muncul. Siapakah dia? Mungkin awalnya orang lebih kenal Erick Thohir saudaranya. Seorang pengusaha yang heboh karena membeli club sepakbola Inter Milan. Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir juga pengusaha yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis. Putra dari Teddy Thohir, salah satu pemilik ASTRA International, menyelesaikan pendidikan MBA-nya di Northrop University Amerika Serikat.

Boy Thohir dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses membawa Adaro Energy sebagai perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Besar di lingkungan keluarga pebisnis, menempuh pendidikan juga di bidang bisnis, menjadi bekal Boy Thohir menjadi orang terkaya nomor 37 versi majalah Forbes. Berbagai jabatan diemban. Selain Presiden Direktur Adaro Energi, Boy Thohir juga menjadi komisaris di BEI

Bukan hanya Adaro Energy, Boy Thohir juga memiliki berbagai sektor bisnis lain, yaitu bisnis powerplan. Seperti yang ditulis di sini dan di sini  . Salah satu statement menarik dari Boy Thohir mengenai perusahaan keluarga adalah, untuk menjalankan bisnis keluarga supaya berkembang besar dan sustain, harus masuk bursa. Silakan baca di sini.  Dengan ada di bursa, maka perusahaan memiliki aturan yang jelas sebagai perusahaan publik.

Bukan hanya urusan bisnis, Boy Thohir dalam mengelola perusahaannya sangat memperhatikan pemberdayaan masyarakat serta lingkungan. Berbagai program pun dijalankan. Tabalong Islamic Center salah satu program CSR Adaro Energy untuk masyarakat di Tabalong, Kalimantan Selatan. Sebuah Islamic Center terlengkap se-Asia Tenggara. Selain itu Adaro juga terlibat dalam program lingkungan seperti Clean Up yang baru saja digelar di Jakarta.

Menjalan bisnis besar, bukan sekedar mendapatkan keuntungan besar tetapi bagaimana bisnis tersebut bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. Boy Thohir memiliki komitmen itu. Tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat. Sehingga bisnis bisa berjalan secara berkelanjutan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat. Tidak banyak pengusaha yang memiliki kepedulian seperti itu, salah satunya Boy Thohir.


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments

Tinggalkan Balasan