Tabalong dan Cerita Si Boy

foto dari www.antaranews.com
foto dari www.antaranews.com

Adakah yang tahu Tabalong itu di daerah mana? Atau malah gak tahu kalo Tabalong itu nama daerah? Tadinya saya juga tidak tahu, gara-gara konon di sana ada Islamic Centre nan megah jadi penasaran dan googling.

Tabalong adalah kabupaten di propinsi Kalimantan Selatan. Jika kita naik pesawat dari Jakarta, mendarat di bandara kota Banjarmasin, bisa melanjutkan dengan penerbangan ke Tabalong selama kurang kebih 40 menit atau perjalanan darat sekitar 200 km dengan jarak tempuh 5-7 jam. Konon jalanan cukup bagus, dan Tabalong kabupaten yang tertata dengan baik bahkan disebut bakal menjadi kota metropolitan.

Kenapa mendadak Tabalong ada Islamic Centre yang megah dan lengkap. Orang mungkin tidak mengenal Tabalong, tetapi tahu Adaro Energi sebuah perusahaan tambang besar yang operasionalnya di kota Tabalong. Adalah Garibaldi Thohir CEO Adaro Energy Tbk. biasa disapa Boy Thohir, yang menginisiasi pembangunan Tabalong Islamic Centre sebagai bagian dari program CSR untuk masyarakat lokal. Tidak tanggung-tanggung. dana 50 milyar lebih digelontorkan untuk membangunnya.

Garibaldi Thohir bukan tokoh sembarangan, beliau masuk menjadi salah satu jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2012 dengan kekayaan US$ 1,2 miliar.Di dalam Tabalong Islamic Centre ada masjid yang diberi nama Al Abrar pilihan Bupati dan pimpinan Adaro yang artinya sekelompok manusia yang suka melakukan kebajikan. Nama yang sesuai dengan visi dan misi Adaro.

Bukan hanya masjid, Tabalong Islamic centre memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan modern. Untuk manasik haji, disediakan tempat berserta replika seperti ka’bah, areal untuk Sa’i dan melempar jumroh sehingga bisa merasakan ibadah mendekati aslinya. Fasilitas lainnya adalah perpustakaan, ruang pertemuan dan perkantoran. Masyarakat bisa memanfaatkannya dengan berbagai aktivitas misalnya belajar, pengajian, manasik haji, upacara pernikahan dan masih banyak lagi. Garibaldi Thohir memikirkan dengan seksama dalam pembangunan Tabalong Islamic Centre sehingga selain modern berbagai fasilitas penunjang juga dibangun dengan baik.

Menjadi salah satu orang terkaya di negeri ini pasti banyak cerita yang bisa kita maknai. Berbagai pelajaran berharga dapat kita petik dari sepak terjangnya. Garibaldi Thohir meraih banyak penghargaan atau award, bukan hanya urusan sosial tetapi juga bisnis. Tabalong Islamic Centre hanya satu bagian saja, masih banyak prestasi lain yang tidak kalah hebat baik dalam misi sosial yang berdampak besar maupun bisnis yang menguntungkan.

Menjadi pengusaha muda bagi Garibaldi Thohir tidak sekedar melanjutkan bisnis keluarga, tetapi bagaimana mengukir karya dan prestasi. Bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan (profit) tetapi juga memajukan masyarakat (people) dan menyelamatkan lingkungan (planet). Sebuah perjalanan yang menarik dan patut jadi cermin bagi kita semua.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

One Reply to “Tabalong dan Cerita Si Boy”

  1. Pingback: Antara Tabalong dan Balangan - Beri Kaki Pada Mimpi

Tinggalkan Balasan