Parenting
Posted By ainun

Menjadi Single Mom


CDVAjkXWAAEhLd4.jpg-large

Baru saja kita merayakan Hari Kartini, sebuah perayaan untuk peran perempuan di republik ini, atau sering disebut emansipasi wanita. Banyak lembaga atau institusi yang merayakannya dengan berbagai aktivitas yang dianggap cocok dengan perempuan, seperti lomba memasak, fashion show, lomba pakai kebaya dan lain-lain. Walaupun untuk era sekarang, aktivitas yang identik dengan perempuan bukan hanya di ranah itu, sebarannya makin luas dan banyak perempuan yang punya karya hebat mendunia. Apalagi sekarang jamannya internet dan teknologi, semakin banyak peran yang bisa diambil oleh perempuan. Karena teknologi sesungguhnya tidak mengenal perbedaan gender. Siapa yang bisa memanfaatkan dengan maksimal dialah yang memegang peranan.

Dengan perkembangan teknologi dan internet, saya sebagai single mom merasa dimudahkan. Sebagai penanggung jawab nafkah keluarga sekaligus harus mengasuh anak, internet dan teknologi memungkinkan saya bekerja dari rumah. Keluar hanya untuk meeting dan bersosialisasi. Walaupun teknologi cukup memudahkan, tapi tidak bisa dipungkiri menjadi single mom di negeri ini cukup berat tantangannya. Sudah bukan rahasia lagi, perempuan yang berpisah dengan suami kebanyakan harus menanggung nafkahnya sendiri, termasuk membesarkan anak. Kita pun harus jungkir balik pintar-pintar mengatur waktu dan keuangan. Belum lagi soal stigma negatif yang disematkan untuk kami para single mom.

Menjadi Bapak sekaligus Ibu bukan pekerjaan mudah, ditambah omongan negatif kanan kiri, hmmmmm…. Kalian para perempuan terutama single mom, wajib merasa bangga pada diri sendiri, bisa bertahan bahkan membuat karya hebat tanpa melupakan urusan merawat anak.

Setiap orang, terutama perempuan berhak memilih jalan hidupnya. Segala predikat dan stigma negatif janganlah jadi penghalang. Perempuan adalah makhluk hebat, dengan segala ketangguhannya. Apapun jalan hidup yang dipilih, tidak akan mengurangi nilai seorang perempuan. Maka sudah sepatutnya, kita sebagai perempuan menghargai diri sendiri dan menjaga diri sebaik-baiknya. Memiliki asuransi jiwa adalah salah satu pilihan untuk menghargai diri sendiri. Karena dari perempuan seperti saya, ada seorang anak yang bergantung sepenuhnya. Memiliki asuransi jiwa adalah bentuk menjaga diri dan keluarga dari hal buruk yang tidak diinginkan terutama dari sisi keuangan. Beberapa produk asuransi yang bisa dipilih untuk para perempuan adalah iPRIME dan iSMART dari ASTRA LIFE. Silakan dibaca dan dipelajari dengan seksama, karena perempuan harus melek finansial terutama para single mom, agar paham segala produk keuangan untuk menjaga nafkah keluarga dengan baik.

Saya bangga menjadi perempuan, karena diberi kesempatan untuk menjadi orangtua dan pekerja sekaligus dengan segala kekuatannya. Mari kita mulai menghargai diri sendiri, sehingga kita pun bisa menghargai kehidupan.

I #lovelife karena saya perempuan Indonesia.


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments

Tinggalkan Balasan