Social Media
Posted By ainun

Belajar dari twitter Pidibaiq


Sudah cukup lama saya mengamati twitter @pidibaiq salah satu praktisi kreatif yang memiliki massa besar di group musik yang dibentuknya, The Panas Dalam. Secara personal, Pidibaiq sosok kreatif yang memiliki kemampuan berpikir tidak biasa. Kalau orang-orang selama ini mendengung-dengungkan think out of the box atau gak usah pake box sekalian, maka Pidibaiq adalah contoh nyata dari hal tersebut. Cara berpikirnya tidak seperti kebanyakan, dan bahkan kerap mengejutkan. Buat beberapa orang malah menganggap Pidibaiq terlalu liar idenya. Padahal sesungguhnya dia justru orang yang sangat sederhana.

Pidibaiq adalah pibadi yang unik, termasuk bagaimana dia mengelola akun social medianya. Kali ini saya akan membahas secara khusus akun twitternya yaitu: @pidibaiq. Secara statistik, akun @pidibaiq memiliki performa yang bagus, saat ini memiliki follower 190.443 walaupun tidak setiap hari aktif posting, bahkan hanya diwaktu-waktu tertentu saat timeline tidak rame seperti tengah malam atau dini hari tetapi percakapan dan sebaran twitnya cukup besar.

Screen Shot 2015-04-28 at 12.23.57 PM

Baca bio-nya cukup terlihat pribadi yang unik dari si-empunya. Belum lagi cara dia memposting twitternya. Dari awal akun twitter @pidibaiq dipublish, dia mengikuti (following)  semua akun twitter yang follow dia (follower). Siapa pun yang meminta follow back dia kabulkan. Sehingga jumlah follower dan following hampir seimbang. Ketika ditanya kenapa semua yang follow di follow back? Dia jawab dengan simple : “kan tinggal klik, apa susahnya. Hingga kemudian pertumbuhan follower naik dengan sangat cepat. Ketika ditanya, bagaimana membaca following sebanyak itu, apa gak pusing? Dengan santai dia menjawab : kalau pusing yang gak usah dibaca. Publik twitter cukup senang dengan di-follow @pidibaiq walaupun belum tentu terbaca semua.

Screen Shot 2015-04-28 at 12.27.12 PM

Kalau umumnya orang memposting twitter dengan mengabarkan hal-hal mengenai aktivitas, cara pandang atau menyebar informasi, twitter oleh @pidibaiq digunakan untuk menjawab mention para follower. Ada yang sekedar bertanya hal-hal remeh sampai serius. Semua dilayani, sesuai timeline yang terbaca. Karena mention banyak sekali, tidak semua terbalas. Terkadang sampai ada followernya yang mention berkali-kali supaya dibalas. Dia tida mengikuti jam rame di timeline, tetapi suka-suka aja kapan ada waktu ngetwit. Ternyata banyak follower yang menanti postingannya, karena jawabannya kocak, dan sesekali disisipkan pesan hidup yang penuh makna. Membaca timeline @pidibaiq menjadi hiburan tersendiri.

Apakah @pidibaiq di timeline hanya menjawab pertanyaan para follower? tentu saja tidak. Beberapa kali dia bikin hastag biro jodoh dan banyak sekali peminatnya. Yaitu dengan cara meng RT twit yang pakai tagar #birjodpidibaiq

 

Slide1

 

Beberapa konon ada yang berhasil dipertemukan dan menjalin hubungan berkat biro jodoh @pidibaiq. Tak ketinggalan @pidibaiq juga mengeluarkan quote yang sangat diminati publik online. Apalagi quote @pidibaiq seringkali berbeda dengan kebanyakan, sehingga banyak yang meng-RT atau menulis ulang quote tersebut. Kemudian secara khusus dibuat akun twitter @pidibaiquotes. Berikut ini contoh quotes-nya yang menuai ratusan RT.

Screen Shot 2015-04-28 at 12.49.14 PM

 

Diantara jutaan postingan setiap hari, membuat konten unik dan genuine adalah salah satu cara untuk mendapatkan respon yang baik. @Pidibaiq melakukan itu, entah sengaja atau tidak. Banyak yang merasa kehilangan kalau lama gak ngetwit, menunjukkan @pidibaiq memiliki engagement yang kuat dengan audiens-nya.

Dari semua postingan twit @pidibaiq dia selalu menyematkan doa diakhir dia posting pada waktu tersebut, dan itu menjadi ciri khasnya dia.

Screen Shot 2015-04-28 at 12.55.44 PM

Dari ulasan di atas ada beberapa hal yang bisa kita pelajari, untuk mendapatkan respon dan interaksi dari audiens adalah :

  • konten yang unik dan genuine
  • membuat aktivasi yang melibatkan audiens dengan biro jodoh
  • quotes yang menarik dan berbeda
  • mem-follow hampir semua follower-nya
  • Ritual doa pagi

Semoga berguna dan bisa jadi inspirasi buat para pengelola social media terutama twitter.

 

 


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments

Tinggalkan Balasan