Akademi Berbagi
Posted By ainun

4 Tahun


With Suzie, Agustaf, Reje, Mimi, Sita, Budhita, Palupi, Rismadhani Chaniago, dewi, Connie, Ainun and Naga at Es Teler 77 Resto

Akademi Berbagi baru saja melalui usianya yang keempat tahun pada tanggal 9 Juli kemaren bersamaan dengan digelarnya hajatan nasional Pemilihan Presiden. Karena bertepatan dengan puasa dan coblosan, ulang tahun kami rayakan dengan sederhana sebagai ungkapan syukur atas perjalanan Akber selama ini.

Menjalankan kegiatan sosial di sela-sela aktivitas utama sebagai orangtua dan pencari nafkah, waktu dan pikiran menjadi tantangan terbesar. Saya beruntung dikelilingi orang-orang baik sehingga lebih diringankan. Saya percaya bahwa kebaikan memiliki frekuensi tersendiri, gelombangnya akan memancar dan mempertemukan orang-orang yang memiliki frekuensi yang sama. Tidak butuh waktu lama Akber kemudian didukung oleh banyak pihak: para praktisi yang bersedia mengajar cuma-cuma, para pemilik tempat belajar yang memberikan ruangan belajar gratis serta para relawan yang mencurahkan waktu dan pikirannya untuk sama-sama mengelola Akber hingga berkembang seperti saat ini.

Selalu ada kesulitan, bohong kalau saya bilang semuanya gampang. Mengelola kegiatan sosial yang tersebar di 35 kota di Indonesia memiliki berbagai kendala. Perbedaan lokasi, latar belakang dan adat istiadat di masing kota memberikan tantangan sendiri, belum lagi 200 relawan yang masing-masing berbeda satu sama lain. Menyatukan semua itu dalam satu “value” walau tidak mudah, tetapi sudah kami jalankan hingga kini. Selalu ada yang datang dan pergi, ┬ádinamika wajar sebuah gerakan. Siapa pun yang pernah berkontribusi untuk Akber, baik yang masih aktif atau pun tidak, memiliki jasa yang besar karena jejaknya menjadi jembatan yang menghantar Akber sampai di titik 4 tahun.

Terimakasih untuk semua relawan, guru, donatur, partner yang selama ini bahu membahu menjaga Akber tetap berjalan dan menyebarkan manfaat seluas-luasnya. Akhirnya besarnya organisasi bukan tujuan utama Akber, tetapi manusia di dalamnya yang menjadi fokus dari gerakan ini. Semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya  bisa belajar dengan gratis itulah tujuannya. Syukur jika ada yang kemudian mengalami perubahan hidup menjadi lebih baik dan kemudian bisa membantu saudaranya yang lain untuk mendapatkan akses belajar dengan mudah. Karena gerakan ini bisa maju jika semakin banyak orang menjadi penyebar virus: belajar, berbagi dan happy.

 

Ainun
Selamat ulang tahun Akademi Berbagi yang keempat. Semoga makin tersebar virus kebaikan untuk membantu sesama mendapatkan akses belajar dan makin banyak manusia yang berkualitas di negeri ini.

 


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments
There are currently no comments.

Tinggalkan Balasan