Berbagi Bersih, Berbagi Hati

Minggu lalu, saya baru saja tiba di Jakarta dan mendapat undangan untuk hadir diacaranya Veja multi purpose cleaner. Saya langsung tertarik untuk ikut karena acaranya keren banget, yaitu membersihkan panti asuhan Sayap Ibu di Barito Jakarta Selatan. Panti asuhan anak dan balita selalu membuat saya mudah jatuh hati, apalagi mata anak-anak bayi selalu menyiratkan kebeningan hati. Mungkin karena saya juga seorang Ibu.

Hari Minggu 14 Juli, saya mengajak putri saya untuk datang di acara Veja Berbagi Bersih.  Kegiatan hari itu diawali dengan membersihkan seluruh ruangan di panti asuhan Sayap Ibu oleh tim Veja. Kamar bayi dan anak, kamar mandi, dapur, pokoknya semuanya digosok sampai kinclong. Karena Veja multi purpose cleaner maka bisa digunakan diberbagai tempat tanpa perlu gonta-ganti cairan pembersih. Enak ya, praktis gak perlu belanja banyak pembersih.

Setelah semuanya kinclong, sorenya anak-anak panti asuhan Sayap Ibu dan anak yatim berkumpul di halaman tengah mengikut berbagai keriaan. Ada berbagai lomba di sana, dari lomba memasukan paku dalam botol, menyusun kata hingga memutar roda keberuntungan. Selayaknya anak-anak, hadiah selalu menjadi hal yang menarik dan sudah pasti seru serta mengharukan. Saya sering gak tahan melihat anak-anak panti asuhan, kehidupan yang keras telah merenggut kebahagiaan yang harusnya mereka dapat yaitu keluarga yang utuh.

Apa yang dilakukan Veja, adalah bagian dari  “DO GOOD”. Sudah saatnya brand-brand melakukan hal baik dan ikut serta dalam aktivitas masyarakat. Ketika kehadiran sebuah brand mempunyai manfaat sosial, maka orang akan lebih mudah mengingat dan dengan sukarela bersedia menggunakan produknya. Ketika jaman komunikasi menjadi dua arah dan percakapan lebih terbuka akibat maraknya social media, gaya beriklan dengan cara satu arah dan mengklaim diri sebagai yang paling unggul kemudian menjadi basi. Karena konsumen sekarang bisa bersuara langsung dan bebas mengemukakan pendapatnya di muka umum yaitu social media. Brand harus lebih berhati-hati dan sebaiknya melibatkan masyarakat dalam aktivitasnya, karena konsumen bukan lagi obyek. Kalau saya bilang, sekarang jamannya brand harus rendah hati, membangun komunikasi yang setara dan win-win solution.

Sore itu keseruan acara diakhiri dengan buka bersama, dan dihibur oleh group musik Toto & friends serta pemberian santunan untuk anak yatim dan pengelola panti asuhan Sayap Ibu. Senang rasanya melihat panti asuhan tempat anak-anak tinggal jadi bersih dan kinclong. Paling tidak, walaupun mereka tidak punya keluarga tetapi tempat tinggal yang bersih dan nyaman bisa membuat mereka senang. Puasa selalu menjadi ajang berlomba kebaikan, dan semoga makin banyak yang berbuat baik walau Ramadan usai.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita bisa berbuat baik dengan sesama bukan karena pahala tetapi karen rasa terimakasih kepada Tuhan atas segala kebaikan yang kita terima dan memberikan kebahagiaan untuk sesama.

 

No Responses

Tinggalkan Balasan