Karya
Posted By ainun

Proyek Nekat itu bernama Muktamar Blogger


Alhamdulillaaaah akhirnya tunai sudah tugas saya sebagai Manusia Amben Muktamar Blogger 2013. Setelah sport jantung selama 5 hari akhirnya hajatannya berlangsung lancar dan menyenangkan. Sesuai harapan bahwa Muktamar Blogger adalah kumpul-kumpul, senang-senang, makan-makan sambil mengingatkan kembali nasib blog masing-masing hahahaa…

Jadi ya, saya ceritain persiapan hajatan kemaren yang bisa dibilang proyek Bandung Bondowoso. Gimana enggak? Minggu malam, 26 Mei dirapatkan oleh segelintir orang BHI: Ipul Bangsari, Karmin Fanabis, Sam Hedi dan Bahtiar kemudian hari Sabtu dieksekusi. Kurang nekat apa coba? Dalam kondisi, ruangan belum dibooking hehehee…

Sebenarnya, rencana pembuatan Muktamar Blogger sudah lama, bahkan sejak Oktober tahun lalu ketika tiba-tiba saya ditunjuk untuk menjadi Manusia Amben. Dan karena saya terlanjur menyetujui maka bagaimana pun caranya harus terwujud. Pas awal-awal sih iya iya aja, karena ritual Muktamar Blogger adalah hanya kumpul-kumpul, cangkrukan di emperan Bunderan HI sambil seseruan. Gak butuh dana atau pengisi acara karena kamilah yang bikin acara suka-suka. Gak perlu konsumsi, kalo tamu lapar silakan nyari sendiri atau bawa makanan. Simpel dan gampang. Karena yang penting ketemu dan ngobrol-ngobrolnya. Muktamar pun sudah direncanakan di bulan Nopember seperti biasa, tetapi karena Jakarta hujan badai disertai banjir maka acara Muktamar yang sudah diumumkan terpaksa diundur.

Kami bilangnya diundur, bukan batal maka saya pun masih punya tanggungan untuk menyelenggarakan. Hingga suatu hari Mas Iman mengusulkan, bagaimana kalau Muktamar bukan sekedar cangkrukan tetapi dibikin yang lebih “nggenah” karena Pesta Blogger dan ONN/OFF sudah kukutan. Diawali dengan pertemuan saya, Mas Iman dan Ipul Bangsari maka disetujuilah pelaksanaan Muktamar Blogger yang lebih nggenah. Maka dengan sedikit nekat, kami pun berusaha mewujudkan Muktamar Blogger. Rencana pelaksanaan tanggal 1 Juni. Karena tinggal tanggal itu yang memungkinkan.

Waktu pun berjalan, dan kejelasan Muktamar pun tidak segera nampak. Awalnya karena kesulitan nyari ruangan, kemudian saya banyak pekerjaan dan sempat sakit satu minggu. Hingga, saya membaca email dan ada yang menanyakan gimana nasib Muktamar Bloggernya? Duh, tertampar deh!

Suatu malam, saya merenung, bisa saja sih saya diamkan dan Muktamar pun berlalu hilang seperti keriuhan di timeline. Tetapi saya pribadi pasti terganggu, karena janji kesanggupan adalah tetap janji yang harus diwujudkan. Ini adalah DIGNITY. Tsaaaaah….! Atau diundur saja pelaksanaannya karena waktu sudah semakin mepet. Begitulah pergulatan pikiran saya. Lagi-lagi kalau diundur, diundur kapan? Karena udah mau puasa dan masih banyak pekerjaan saya yang mengharuskan bepergian keluar kota. Setelah ditimbang, dan bertanya sana-sini, akhirnya saya putuskan JADI TANGGAL 1 JUNI! 

Minggu siang tanggal 26 Mei kontak teman-teman BHI yang bisa bantuin ngurusin Muktamar, dan kemudian terkumpulah kami berempat seperti yang saya tulis di atas. Senin pengumuman Muktamar pun digelar di milis, twitter dan blog dalam kondisi belum tau duit dari mana. Hahaaa…Ohya, sebelumnya Om Budiono Darsono menawarkan bantuan, dan itu bantuan awal yang saya terima dan menjadi modal nekat tadi itu. Terimakasiiih banyak BDI, bantuannya bikin saya berani menyelenggarakan Muktamar :)

Masih sambil deg-degan karena Senin pagi belum konfirmasi tempat, saya pun mengontak Dimas Novriandi, siapa tau kantornya mau bantuin. Walaupun saya gak berani berharap banyak, karena mana ada perusahaan yang sanggup ditodong dadakan karena semua pasti ada prosedurnya, apalagi yang diminta adalah uang bukan produk.

Senin pagi, saya langsung meluncur ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk membooking tempat di Aula Taman Langsat karena hanya di situ yang available dan harga masih terjangkau. Sempat shock waktu sampai ke dinas Pertamanan dibilang tanggal 1 Juni sudah dibooking orang. Setelah mencoba berbicara dan pasang muka pasrah, akhirnya bisa dapat tempat tersebut tanggal 1 Juni dan buru-burur saya bayar cash, lunas! Yaiyalaah tinggal 5 hari!

Sambil mempersiapkan segala sesuatu, dan menodong orang-orang yang bisa bantu. Salah satunya Ipi Maripi yang kemudian bertindak menjadi asisten saya. Duh, makasiiih ya Pi *mbrebes mili* Jadi Muktamar Blogger praktis hanya dipersiapkan selama 5 hari oleh saya, Sam Hedi, Ipul dan Ipi yang tiap hari ubyek sana-sini. 

Saya merasa sangat beruntung karena punya banyak teman, beberapa teman saya todong untuk membantu dadakan diantara kesibukannya. Makasiih Yu Eny, Bu Rara, mas Karmin dan Mas Bah :) Selain itu, adalah seorang Paman Tyo yang dengan sukarela membuat design semua uba rampe Muktamar, dari spanduk, backdrop, photo booth dan kaos. Dengan dibantu Nanang sebagai eksekutornya. Muakasiiiiih semuanyaaaa :’)

Dan todongan berikutnya, mba Ruri petinggi Coca Cola yang mau ditodong dadakan untuk menyumbang minuman, Ades dan Coca Cola beserta kulkasnya! Duh…makasiiiih banyak Mbak.

Kalau gak nodong temen-temen Akber gak afdol, hahaa… Jadilah Mell yang sibuk kontak sana-sini mencarikan bantuan, hingga kemudian kami dapat kiriman berdus-dus buah Sunpride. Ada pisang, jambu dan kiwi. Makasiih ya Sunpride! Wes pokoknya bikin seger. Belum lagi kiriman sumbangan tiramisu dari weMISU nya neng Lucy Wiryono yang langsung ludes di awal acara hahahaaa… Makasiih Neng Lucy dan Mas Afit :)

Setelah dapat sumbangan sana-sini, bagaimana pun saya perlu uang untuk membayar biaya-biayanya. Sempet kelimpungan mencari dana segar. Pas bengong-bengong  bingung di suatu malam tiba-tiba dapat email dari Dimas. Dan kabar gembiranya adalaaaah…. XL AXIATA mau bantuin dana! Woooowwwww…….! *speechless* *sujud syukur*

Di saat saya gak berani berharap karena nodong dadakan, ternyata XL Axiata mau loo repot-repot membantu dengan segala persiapan yang mepet. Salah satu alasan saya mengontak Dimas, karena memang selama ini XL selalu siap membantu kegiatan komunitas-komunitas digital dan beberapa kali saya juga mendapatkan tawaran tempat dan bantuan untuk kegiatan komunitas saya yang lainnya. Makanya dengan berdoa dan agak-agak nekat karena bikin proposalnya pun seadanya, saya memberanikan diri mengirimkan ke XL Axiata. Ah, ternyata doa saya terkabul!

Hari Sabtu, 1 Juni pun tiba. Sempat hujan pas jam 11-an hingga bikin deg-degan ada yang datang gak yaaa?  Ternyata makin siang makin banyak yang datang. Hujan pun reda, dan udara yang sejuk semakin mendukung acaranya. Yang bikin makin senang banyak teman-teman dari berbagai komunitas datang, ada dari Kompasiana, Blogdetik, Blogger Bekasi, Kopdar Jakarta, Emak-Emak Blogger, Blogfam, Bloggor, Asean Blogger dan masih banyaaak lagi. Bahkan ada blogger-blogger baru yang mau datang juga. Semua berkumpul tanpa sekat dan perbedaan karena kita mau bersilaturrahim dengan senang. Hip..hip..Huraa!

Walaupun cuma kumpul-kumpul, tapi sebenarnya ada misi yang terkandung, yaitu kembali mengajak teman-teman untuk aktif menulis di blog lagi. Kami pun mengundang Pidibaiq, Iwan Esjepe, dan Cisca PR untuk bercerita bagaimana kekuatan tulisan bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Ndorokakung yang saya todong sebagai moderator mengemas obrolan itu jadi santai tapi maknanya bisa diperoleh muktamirin. Blogger gak Blogger yang penting ngeblog! Apalagi salah satu pendukung Muktamar Blogger yaitu Internet Sehat juga memberikan Award secara rutin kepada blog-blog yang inspiratif.

Di acara Muktamar itu pun diumumkan pemenang Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2012 yaitu : Pemenang Pertama http://bisakomputer.com Pemenang kedua http://sarijeruk.blogspot.com dan Pemenang ketiga : http://cemplangcemplung.blogspot.com Kalau mau tau lebih detil pemenang dan hadiahnya bisa dibaca di sini http://ictwatch.com/internetsehat/2013/05/30/isba-2012-inilah-pemenang-blog-award-gold-periode-3/

Jadi ya sekalian kumpul-kumpul, makan-makan, seseruan kita juga ingin teman-teman ingat lagi untuk posting di blog, jangan dibiarkan blognya nganggur dan berdebu. Siapa tahu bisa menang ISBA 2013.

Ohya hampir lupa, konsumsi Muktamar Blogger kemaren dipersiapkan dengan sepenuh hati oleh Aditya Sani dari Catering Weekend. Makasiiiih Dit, makanannya enak semua dan berlimpah ruah!

Terimakasih XL Axiata sudah membantu mewujudkan Muktamar Blogger 2013 yang cukup seru! Kolaborasi yang menyenangkan dan semoga makin banyak teman-teman yang rajin ngeblog setelah event ini :)

 


A mom with a beautiful daughter living in DKI Jakarta Indonesia, in GOD i trust. Inisiator and volunteer Akademi Berbagi, Social Media activist and I want to become a socialpreneur.

View Comments

Tinggalkan Balasan