Perjalanan Membuka Dunia

 

yahoo3.jpg

Kira-kira sebulan lalu, saya diminta menjadi narasumber di acara Yahoo! Buka Dunia di Semarang untuk berbagi tentang bagaimana membangun community via social media. Saya bareng sama Mas Indra Hajar dari Yahoo! dan Sashi Gandarum dari DREW group music anak muda yang sekarang lagi ngehits.

Cukup deg-degan ketika tiba di tempat acara, karena yang hadir kurang lebih 1.000 orang dari anak SMP sampai orang tua. Ini adalah audiens yang sulit, karena penerimaan anak SMP sangat berbeda dengan orang tua, atau anak kuliahan. Tetapi dengan bekal nekat dan bismillah, ya sudahlah ya…saya mencoba mempresentasikan materi saya sebaik-baiknya dan mudah-mudahan separo dari yang hadir  bisa menerima dan memahaminya, gak usah muluk-muluk.

Saya tidak akan cerita tentang materi saya, mungkin nanti dipostingan lain akan saya bahas secara khusus tentang membangun community. Saya akan cerita tentang acara Yahoo! Buka Dunia yang menurut saya cukup menarik. Selain sharing session ada bus ungu gede nongkrong di depan aula. Di situ yang datang bisa mencoba segala hal yang terkait dengan Yahoo! Kita bisa berseluncur di dunia maya dan mencoba tools dari Yahoo! dengan gratis. Saya baru sadar kalau warna coorporate Yahoo! adalah ungu, jadi hari itu ceritanya sedang meng-ungu-kan Semarang.

yahoo-2.jpgPagi-pagi peserta yang mau ikutan sharing session sudah antre panjang di meja registrasi, karena keterbatasan panitia di bagian pendaftaran. Seharusnya panitia dapat mengantasipasi supaya antrean tidak mengular naga panjangnya dengan menambah meja registrasi. Jika peserta 1.000 orang maka idealnya meja registernya ada 4, ini berdasarkan pengalaman saya membuat event. Sehingga antrean tidak berkepanjangan dan kasihan mereka kepanasan.

Lepas dari masalah antrean, yang juga menarik adalah pesertanya sangat beragam, dari anak SMP, SMU, mahasiswa, karyawan, guru sekolah hingga masyarakat umum. Karena tema tentang dunia online memang bisa menarik semua kalangan. Tetapi alangkah lebih baik jika pesertanya dibagi sesuai tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman tentang internet sehingga pembicara bisa menyiapkan materi sesuai segmentasi agar dapat diterima audiens dengan optimal.

Mas Indra Hajar dari Yahoo! membawakan materi yang cukup menarik, tentang bagaimana beraktivitas di dunia online dengan aman dan nyaman, serta berbagi tips bersosialisasi di online. Materi tersebut akan lebih mengena jika disampaikan dalam forum yang lebih kecil seperti workshop sehingga bisa lebih mendalam pembahasannya karena materi yang disampaikan lengkap dan detil. Untuk forum yang besar cocoknya dengan materi yang lebih ringan dan umum. Mungkin lain kali Mas Indra bisa bikin workshop khusus membahas hal tersebut.

Saya sendiri cukup senang ikut acara Yahoo! Buka Dunia, disamping saya bisa berbagi cerita, saya juga mendapatkan banyak teman baru dari anak SMP sampai guru. Mereka kemudian menjadi teman saya di Facebook. Social Media memudahkan kita untuk memelihara relasi dan pertemanan. Sampai sekarang saya masih bisa bertukar sapa dengan mereka walaupun belum tentu bisa bertemu lagi.

Ohya, yang membuat saya lebih senang lagi, karena di acara tersebut saya bareng DREW! Band anak muda, keren dan kebetulan vokalisnya adalah anak teman saya hahaa…tetapi saya menolak dipanggil tante. Musik mereka yang easy listening dan gaya panggung yang minimalis sedikit kocak, mampu menarik perhatian peserta. Saya sendiri menyukai group band DREW dan pernah beberapa kali menonton mereka di Jakarta.

Sempat bertanya-tanya kenapa Semarang yang dipilih untuk acara Yahoo! Buka Dunia. konon katanya daerah Semarang ada diperingkat 4 jumlah pengguna internetnya. Woow..besar juga ya, padahal dulu saya pikir Semarang sebagai kota dagang tidak begitu banyak yang aktif di online. Ternyata saya keliru. Semarang perkembangan pengguna internetnya cukup bagus dan potensial. Banyak komunitas yang dibangun via online, sebut saja : Loenpia, Roti FRESH, Komunitas Kaskus Semarang dan masih banyak yang lainnya.

Menjelang sore, teman-teman Yahoo! mengajak kami makan di rumah makan sekaligus gallery di Semarang atas. Pemandangannya indah, dan lokasinya pas banget untuk melihat kota Semarang. Sayang saya lupa namanya, tetapi katanya pemiliknya adalah keluarga Sido Muncul. Saya membayangkan makan malam di situ, sambil menatap pemandangan kota Semarang di malam hari dengan lampu-lampu bertebaran pasti lebih romantis apalagi kalau ada #kamu. Aisshh…sudahlah.

Mari kembali ke topik :)

Jadi, menurut saya acara Yahoo! Buka Dunia, ini sungguh penting terutama buat adik-adik remaja yang aktif menggunakan internet. Banyak ilmu yang dibagikan agar kita paham internet, dan segala hal yang terkait di dalamnya. Dunia online sama seperti dunia nyata ada yang baik, ada yang jahat. Maka kita tetap harus hati-hati dan jaga keamanan dengan baik. Silakan minta materi dari mas Indra Hajar siapa tau beliau berkenan membagi soft copy-nya karena penting banget!

Selamat berseluncur di online media, tempat kalian melihat dunia!

Think before posting guys! :)

2 Responses

  1. ebeSSoni
    19 Desember 2011
    • ainun
      19 Desember 2011

Tinggalkan Balasan